Tips Jitu Memulai Bisnis Baru

KlikKanan.info || Cara Jitu Untuk Pebisnis Baru. Dunia usaha banyak menarik minat masyarakat akhir-akhir ini, sehingga banyak bermunculan para pengusaha baru, hal ini menjadikan trend yang positif bagi perekonomian bangsa. Namun tidak sedikit pengusaha baru yang menutup usahanya dan memilih bekerja kembali di perusahaan milik orang lain karena usahanya tidak dapat bertahan. Agar bisnis tetap laris dan eksis ada beberapa cara memilih bisnis yang terbukti laris yang Kami kutip dari buku karya Muri Handayani.

Prinsip dasar Jika ingin bisnis Kita laris maka pilihlah produk yang dibutuhkan oleh market atau pasar bukan produk yang kita inginkan tapi tidak dibutuhkan oleh pasar. Oleh karena itu kita harus tahu lebih dulu target market untuk produk yang akan kita jual.
Jika sudah menemukan target market yang tepat, maka kemungkinan besar jualanya akan lebih cepat laris, dengan mengetahui target market kita bisa lebih mudah dalam menentukan produk apa yang akan kita jual.

Konsep bisnis di dunia online maupun konvensional tetap sama, baiknya menemukan dulu pasar yang akan dibidik.
Setidaknya ada tiga point prinsip untuk Kita yang baru terjun di dunia usaha baik online maupun konvensional, mari Kita simak tiga point penting bagi pemula dalam dunia usaha.

Tips Jitu Memulai Bisnis Baru. Image by befren.com

Menentukan Target Market yang Tepat
Dalam dunia usaha atau bisnis baik online maupun konvensional, kalau sudah salah menetukan target market maka akibatnya bisa fatal karena akan menghabiskan banyak biaya terutama dalam bisnis konvensional (setidaknya ada biaya untuk sewa tempat).
Kesuksesan dalam jual beli dimulai dari mengenal target market, sebagai contoh Jangan sampai kita menjual Es krim Magnum ke anak SD, bakalan susah lakunya, padahal kan Es krim makanan anak kecil ya? iya, tapi Es krim Magnum bukan untuk anak SD tapi untuk wanita dewasa yang sudah berpenghasilan, lihat aja iklanya...hehehe.
Lalu tidak boleh jualan Es krim Magnum ke anak SD? boleh namun dengan harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan Es krim yang berbentuk cup akan lebih susah dan lama lakunya.
Lalu adakah cara yang mudah untuk kita menentukan target market yang sesuai dengan keinginan kita?
Untuk bisa menemukan target market yang tepat, silahkan jawab beberapa pertanyaan ini.
  • Siapa yang membutuhkan produk kita (Cari tahu siapa yang bisa terbantu dengan hadirnya produk kita)
  • Devinisikan pelanggan kita, mulai usia,jenis kelamin,incomenya berapa,wilayahnya dimana,hobbynya apa, dll. 
  • Apa yang paling memberatkan konsumen ketika akan membeli produk yang kita jual?
  • Apa masalah utama konsumen kita dan apa yang mereka inginkan?
  • Dimana kita bisa menemukan konsumen kita?
  • Kenapa konsumen harus membeli produk kita?
  • Apa kelemahan kita dibandingkan dengan kompetitor?
tips memilih target market
Target Market, Tips Jitu Memulai Bisnis Baru. Image by janellis.com.au


Selain menjawab pertanyaan diatas,ada cara lain yang lebih mudah untuk bisa menemukan target market yang Kita inginkan, yakni dengan bertanya langsung kepada konsumen atau calon konsumen kita. contoh pertanyaanya seperti;
  • Apa saja yang disukai dan yang tidak disukai konsumen dari produk kita?
  • Pelayanan seperti apa yang mereka inginkan?
  • Marketing seperti apa yang mereka inginkan sehingga mereka merasa menjadi bagian dari bisnis kita?
Jawaban dari pertanyaan diatas bisa membantu dan banyak memberi masukan kepada kita mengenai produk apa yang akan kita jual. Untuk yang sudah memulai usaha hal tersebut bisa menjadi masukan untuk memperbaiki bisnis yang sudah berjalan.

Fokus Pada Penjualan bukan Pada Produksi
Coba kita perhatikan, ada orang yang sukses di dunia properti hanya dengan menjadi Broker, ada orang yang sukses di dunia Fashion hanya fokus menjai reseller fashion. Dari contoh tersebut menunjukkan bahwa tidak harus memproduksi sendiri jika ingin sukses berbisnis.
Mau sukses jadi pebisnis nasi padang tidak harus jago masak masakan padang, mau sukses jadi pebisnis hijab gak harus jago mendisain dan memproduksi hijab, mau sukses berbisnis sepatu gak harus bisa bikin sepatu.

Sebagai pemula akan sangat berbahaya dan potensi rugi akan lebih besar jika kita harus fokus pada produksi dahulu, kenapa? kebayang kan kita harus produksi berbagai model hijab misalnya sendirian dengan berbagai model. Dengan fokus ke produksi kita akan dihadapkan dengan banyak resiko, resiko modal,resiko barang rusak, resiko gagal produksi,resiko tidak disuka pasar,dan lain sebagainya, ini rentan bagi kita sebagai pemula.

Dari pada memilih posisi yang penuh resiko lebih baik memilih posisi yang paling sedikit resikonya,paling gede untungnya,paling cepat menikmati hasilnya, posisi sebagai apa itu? tidak lain adalah posisi sebagai penjual, bisa sebagai reseller,agen,distributor. Posisi penjual sangat strategis kita bisa ambil barang dulu baru bayar ketika barang sudah laku, kita bisa menggunakan sistem Pre Order sebelum mengambil barang ke suplayer kita. Setelah kita memilih menjadi penjul tinggal bagaimana strategi penjualan yang bagus agar penjualan terus meningkat.

Saat menjadi penjual kita akan belajar bagaimana cara menjual, strategi marketing,hambatan dan tantangan yang dihadapi,menjalankan bisnis dengan belajar dan survey,dan masih banyak lagi hal yang akan kita dapatkan.  Jangan lupa pemasukan ditabung untuk bekal modal jika ingin menjual dan memproduksi sendiri. 
 
Segera Merasakan Hasilnya
Yang tidak kalah penting adalah segera merasakan hasilnya, kalau kita sudah berusaha keras dan merasakan hasilnya ini akan menjadikan kita lebih semangat dibanding dengan sebaliknya. Kalau sudah menghasilkan semangat jadi bertambah, kalau sudah menghasilkan jadi mengerti nikmatnya jualan, kalau sudah menghasilkan pasti ketagihan, kalau sudah menghasilkan pasti gak bakal ragu untuk melangkah lebih jauh. Jadi gak ada alasan untuk segera menghasilkan.

Demikian cara jitu menjadi pebisnis baru, semoga bermanfaat bagi sobat klik, sobat juga bisa membagikan tulisan ini agar lebih banyak lagi yang bisa merasakan manfaatnya. Terimakasih telah berkunjung dan mambaca tulisan kami, kunjungi juga artikel menarik lainya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu Memulai Bisnis Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel