Nilai Dibalik Lomba Kemerdekaan

KlikKanan.info || Nilai Dibalik Perlombaan Bulan Agustus. Bulan Agustus adalah bulan istimewa bagi Bangsa Indonesia,bulan yang penuh sejarah bagi kemerdekaan Bangsa Indonesia, bagaimana tidak dibulan Agustus Bangsa Indonesia telah menyatakan dan mendapatkan kemerdekaanya.

Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat Indonesia di bulan Agustus untuk memperingati kemerdekaan Bangsa Indonesia, mulai dari perlombaan sampai tasyakuran.

Perlombaa seolah menjadi hal wajib yang harus diadakan setiap moment kemerdekaan, ada banyak macam perlombaan yang sering dilombakan saat moment tujuhbelasan sebut saja makan kerupuk,panjat pinang,balap karung,lari kelereng, dan masih banyak lagi.

Nilai di Balik Lomba Agustusan. image by: blibli.com

Perlombaan yang diadakan tidak hanya sekedar untuk meramaikan hari ulang tahun kemerdekaan saja namun ada nilai yang terkandung dalam setiap lomba yang diadakan, apa saja nilai yang terkandung dalam perlombaan 17 agustus yang sering kita jumpai berikut ulasan untuk beberapa lomba.

- Makan Kerupuk
Lomba makan kerupuk, lomba dengan aturan main memakan kerupuk yang digantung dengan seutas tali tanpa menggukan tangan. Lomba ini merupaka lomba paling populer dan paling banyak diadakan ketika moment tujuhbelsan tiba.

Lomba makan kerupuk. image by poskotanews.com

Selain menjadi lomba yag populer,lomba ini memiliki makna yang bagus antara lain makna perjuangan, dimana kita harus terus berjuang untuk bisa memenuhi makan sehari-hari,selain mengandung nilai perjuangan lomba ini juga memiliki tujuan mengenang betapa sulit kehidupan pada jaman penjajahan sehingga kita harus terus bersuyukur karena bangsa kita sudah merdeka sehingga untuk mencari makan tidak sesulit ketika jaman penjajahan.

- Panjat Pinang
Lomba dengan memperebutkan hadiah yang ada di ujung atas pohon pinang atau bambu yang telah dilumuri pelicin sehingga tidak mudah untuk memanjatnya,dalam lomba ini kita tidak bisa sendirian untuk mencapai ujung pohon yang tingginya mencapai 10meter yang penuh pelicin kita membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa sampai di puncak.

Lomba panjat pinang. image by rappler.com

Nilai gotong royong adalah salah satu nilai yang ingin disampaikan melalui perlombaan ini,untuk menuju puncak kesuksesan kita harus bekerjasama dengan orang lain setidaknya itu makna yang tersirat dalam perlombaan panjat pinang ini.

- Lari kelereng
Lari kelereng juga merupakan salah satu lomba yang banyak dimainkan saat moment kemerdekaan,lomba dengan aturan main membawa lari kelerang yang berada dalam sendok makan tidang menggunakan tangan melainkan menggunakan mulut dan dengan syarat kelereng tidk boleh jatuh,ini mengandung makna agar kita terus mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih meskipun dengan susah payah.

Lomba kelereng. image by cnxmm1-1.blogspot.com

Setidaknya itu nilai dari lomba agustusan yang populer diadakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawanya,adalah tugas kita sebagai generasi penerus untuk tetap mengisi dan mempertahankan kemerdekaan yang telah direbut oleh para pahlawan kita.

Dengan kemudahan-kemudahan yang disajikan oleh teknologi saat ini kita harus lebih bisa untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif sehingga menjadikan pahlawan kita bangga dan pengorbanan mereka dalam memperebutkan kemerdekaan bangsa ini tidak sia-sia. Semoga Kita bisa menjadi penerus bangsa yang amanah dan membawa kabaikan bagi bangsa dan negara tercinta, Indonesia.

Demikian info Nilai dibalik lomba agustusan yang dapat Kami sampaikan, terimakasih telah membaca tulisan Kami, share tulisan ini jika sobat merasa bermanfaat agar Kami lebih semangat untuk menghadirkan tulisan yang bermanfaat. Kunjungi juga artikel kami yang lain, sekian terimakasih.


Belum ada Komentar untuk "Nilai Dibalik Lomba Kemerdekaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel