7 Tips WhatsApp yang perlu diketahui

KlikKanan.info || 7 Tips WhatsApp yang perlu diketahui.

WhatsApp menjadi aplikasi chat paling populer saat ini, termasuk di Indonesia. Hingga tulisan ini dibuat, aplikasi berbagi pesan ini telah didwonload oleh lima milyar lebih pengguna android. Maka tidak berlebihan jika menyatakan setiap pengguna smartphone sangat sedikit yang tidak menggunakan WhatsApp.

 KlikKanan.info 7 Tips WhatsApp yang perlu diketahui. image by unsplash
Fitur dan kemampuan aplikasi WhatsApp yang terus diperbarui menjadi salah satu faktor banyaknya pengguna yang berpindah ke aplikasi ini. Sudah banyak tips dan trik WhatsApp yang beredar sebelumnya, namun karena pengembangan yang terus dilakukan oleh pengembang WhatsApp sehingga mungkin ada tips dan trik WhatsApp yang belum sobat klik ketahui. Kali ini redaksi KlikKanan.info mencoba merangkum beberapa hal yang dapat Kita lakukan dengan WhatsApp yang didapatkan dari beberapa sumber dan pengalaman selama menggunakan aplikasi WhatsApp.

Mungkin sebagian dari sobat sudah sebagaipengguna WA sudah mengetahui tips yang akan Kami berikan, namun tidak menutup kemungkinan ada tips yang sobat klik belum tau. Apa saja tips dan trik untuk WhatsApp?

1. Membuat text tebal,miring, coret

Fitur ini sudah ada sejak pertama WhatsApp diluncurkan,namun mungkin masih banyak yang belum tau. Kita hanya perlu menambahkan sedikit kode di awal dan akhir text.

  • Membuat text tebal tambahkan tanda bintang (*) pada awal dan akhir text yang ingin ditebalkan. Contoh *ini Tulisan Tebal*. text dengan bentuk tebal biasanya digunakan pada kalimat-kalimat atau kata yang dianggap penting untuk diperhatikan, seperti waktu pertemuan, dan lain sebagaianya.
  • Membuat text miring tambahkan tanda underscore atau garis bawah (_) pada awal dan akhir text yang ingin dicetak miring Contoh _ini Tulisan Miring_. Tulisan dengan bentuk miring biasanya digunakan untuk istilah asing atau yang pertlu dicetak miring lainya.
  • Mencoret text tertentu bisa Kita lakukan dengan menambahkan tanda tilde (~) pada awal dan akhir text yang ingin dicoret Contoh ~ini Telah dicoret~. Text coret bisa digunakan untuk menarik pembeli saat menawarkan produk atau jasa melalui WA dengan strategi harga coret.


Membuat tulisan tebal,miring, dan coret di WA. image by klikkanan.info
Namun sekarang Kita bisa jauh lebih mudah untuk memodifikasi text (tebal,miring,coret) saat chat. Saat ini WhatApp sudah membuat menu kusus agar kita dapat dengan mudah membuat text tebal,miring, dan coret tanpa harus menambahkan kode diawal dan akhir text. Cara mudah untuk membuat text tebal,miring, maupun coret adalah; block atau tandai pada text yang akan anda modifikasi. Setalah tulisan ter block maka akan otomatis muncul menu yang ada di atas layar, Kita bisa memilih sesuai kebutuhan, apakah Kita akan menebalkan, mencetak miring,mencoret, menyalin, dan memotong text yang telah kita pilih. Lebih mudah bukan?

2. Membuat chat dengan bentuk font berbeda

Selain membuat chat dengan text tebal,miring, ataupun coret, Kita juga merubah jenis atau bentuk font pada text chat Kita. Untuk membuat text dengan font sesuai dengan keinginan Kita diperlukan tambahan aplikasi lain diluar WhatsApp. Bagaimana jika Kita tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan? Tenang, WhatsApp juga menyediakan fitur agar text kita berubah bentuk tidak seperti biasanya. Caranya hanya dengan menambahkan tanda (`) sebanyak tiga kali pada awal dan akhir text. Contoh ```ini text bentuk lain```. Dengan menambahkan tiga tanda tersebut maka jenis atau bentuk font pada text chat Kita akan berubah menjadi jenis font monoscape. Mudah bukan?.

Chat dengan format font berbeda di WA. image by klikkanan.info

3. Mengutip pesan saat membalas chat

Mengutip pesan saat melakukan percakan melalui WhatsApp ini dapat dimanfaatkan ketika Kita ingin menanggapi satu pesan tertentu yang dikirim oleh teman ngobrol Kita baik di group WhatsApp maupun secara chat pribadi. Untuk mengutip pesan di WhatsApp, Kita tinggal menggeser ke kanan pada pesan yang ingin dikutip. Cara lain untuk mengutip pesan adalah, klik kanan (tekan agak lama) pada pesan yang igin dikutip, kemudian pilih menu balas (replay) pada fitur yang akan muncul di atas. Dengan langkah tersebut pesan yang akan Kita kutip akan berada di atas pesan yang kita kirim.

4. Agar media tidak terdownload otomatis

Pada umumnya, media (gambar,video,audio,dokumen) yang dikirim oleh kontak Kita di WhatsApp akan otomatis terdownload atau tersimpan di memory smartphone Kita. Hal ini dapat menyebabkan memory smartphone Kita cepat penuh. Kita bisa memilih media apa yang akan terunduh otomatis, Kita juga bisa menon-aktifkan semua media agar tidak terunduh otomatis di smartphone Kita. Untuk cara detail agar gambar WA tidak terdownload otomatis, baca disini.

5. Membuat shortcut (pintasan) untuk percakapan tertentu

Kita juga bisa membuat shortcut atau pintasan untuk percakapan yang Kita inginkan. Pintasan percakapan berguna untuk mempercepat Kita untuk membuka chat WA. Pesan dari kontak yang Kita buat pintasan akan  tampil di layar utama smart phone Kita sehingga kita tidak perlu masuk aplikasi WhatsApp terlebih dulu untuk melihat percakapan.

6. Membuat Direct Link (link langsung) WhatsApp

Mungkin sebagian besar dari Kita pernah mengehui link atau tautan yang bisa langsung chat ke WA seseorang meski Kita tidak menyimpan nomor kontak orang tersebut. Link tersebut yang disebut direct link WhatsApp. Link ini berfungsi jika sesoarang meng-Klik link tersebut maka akan otomatis akan melakukan chat ke nomor WA yang tercantum dalam link tersebut. Hal ini biasanya digunakan para online marketing untuk memudahkan calon pembeli sehingga calon pembeli hanya perlu meng-klik link yang sudah dibuat sebelumnya untuk chat kepada penjual tanpa harus menyimpan nomor penjual. Untuk membuat direct link WhatsApp rumus dasarnya adalah: https://wa.me/<nomor_WA> dimana <nomor_WA> adalah nomor WA atau telpon yang akan dituju. Untuk cara membuat link WA secara deatil bisa dibaca disini.

7. Membalas chat group secara pribadi

Selain membalas langsung pesan di group WA, Kita juga dapat membalas pesan pribadi kepada teman yang mengirimkan pesan di group dengan tetap mengutip pesan yang ada di group. Dengan demikian Kita tidak perlu mengingatkan teman prihal pesan yang dikirim di group. Membalas pesan secara privat atau pribadi juga dapat dilakukan untuk group yang dikunci atau hanya admin yang dapat mengirim pesan di group. Cara membalas pesan group secara pribadi cukup dengan klik kanan (tekan lama) pada pesan yang dikirim, kemudian klik pada menu (titik tiga diatas) dan pilih menu Replay privately (balas pribadi). Dengan demikian pesan pesan yang ada di group akan terlampir saat kita membalas pesan yang dikirim teman di group.

Itulah tips dan trik WhatsApp yang mungkin belum sobat ketahui. Mungkin masih banyak tips dan trik yang dapat di lakukan di WhatsApp. Redaksi KlikKanan.info akan mencoba merangkumnya pada tulisan selanjutnya. Jika tips diatas sudah banyak yang sobat ketahui, sobat klik bisa membagikan tulisan ini kepada siapapun yang membutuhkan. Tinggalkan saran sobat di kolom komentar, karena saran dan kritik dari sobat sangat membatu kami dalam menghadirkan informasi yang lebih menarik dan berguna kedepan. Akhir kata, redaksi KlikKanan mengucapkan banyak terimakasih kepada sobat yang telah membaca tulisan ini, sampai jumpa di tulisan yang lain. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk " 7 Tips WhatsApp yang perlu diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel