Tutorial Edmodo untuk guru dan siswa.

KlikKanan.info || Edmodo merupakan salah satu media online yang bermanfaat untuk memudahkan guru dan murid serta orang tua murid dalam berkomunikasi terutama dalam hal kegiatan belajar. melalui aplikasi edmodo ini, guru dapat membagikan materi pelajaran berupa teks, gambar, maupun video. Guru juga dapat memberikan tugas dan tes secaran online melalui aplikasi ini. Karena edmodo merupakan aplikasi berbasis internet, maka penggunanya dapat mengakses dari mana saja tanpa harus bertemu di kelas.

Tutorial Edmodo untuk guru dan siswa. image by: facebook.com/edmodo
Edmodo dapat diakses baik melalui perangkat mobile android maupun melalui web browser di komputer atau laptop kita. Untuk mengakses edmodo, kita bisa langsung ke situs www.edmodo.com atau Kita bisa menginstallnya di smartphone android kita dengan mendownload aplikasinya di playstore jika kita ingin meng aksesnya melalui perangkat mobile android Kita.

Jika sudah membuka aplikasi atau pun situs edmodo, kemudian bagaimana cara memanfaatkan edmodo sebagai media pendukung belajar? berikut cara atau tutorial penggunaan edmodo bagi guru dan siswa.

Mendaftar edmodo

edmodo home. image by klikkanan.info
Untuk bisa menggunakan edmodo, kita perlu mendaftar atau sign up di edmodo terlebih dahulu. Edmodo menyediakan pilihan untuk Kita saat mendafatar, apakah Kita ingin mendaftar sebagai guru (teacher), siswa (student), atau orang tua murid (parent). Kita bisa mengguanakan akun google atau office 365 kita untuk mendaftar edmodo. Selain itu Kita juga bisa menggunakan email kita untuk mendaftar. Isi email dan password kita untuk mendaftar kemudian ikuti instruksi selanjutnya. Jika kita sudah mengisi data yang diminta maka kita akan masuk ke dasboard Kita yang pertanda bahwa kita sudah berhasil mendaftar di edmodo.

edmodo sign up

Edmodo untuk Guru.

Jika Kita mendaftar edmodo sebagai guru (teacher) maka kita dapat memanfaatkan beberapa fitur seperti membuka kelas, memberikan materi atau tugas, dan fitur lain yang berkaitan dengan kegiatan mengajar. Bagaimana cara memanfaatkan edmodo untuk guru? berikut redaksi klikkanan berikan tutuorial mudah dan singkatnya.

-Membuka / Membuat kelas baru

Untuk membuat kelas baru pastikan Kita sudah login sebagai guru karena fitur guru dan siswa atau murid di edmodo berbeda. Setelah kita login sebagai guru, selanjutnya pilih menu Classes dan kemudian pilih Class Management. Klik tombol plus (+) dan pilih creat class. Isi data yang dibutuhkan dan klik tombol create maka kelas Kita berhasil ditambahkan.

Creat Class edmodo

-Memasukkan siswa ke dalam kelas

Setelah berhasil membuat kelas, maka selanjutnya adalah memasukkan siswa atau murid sebagai peserta di kelas Kita. Untuk memasukkan siswa atau peserta ke dalam kelas ada beberapa alternatif yaitu;

  • Memasukkan siswa satu per satu.
    Untuk memasukkan nama siswa peserta kelas, Kita bisa memasukkan daftar siswa secara manual dengan fitur invite people (undang orang). 
    edmodo Invite peolpe
    Masukkan nama-nama peserta kelas dan klik tombol Add Student. Setelah proses penambahan siswa berhasil, Kita akan mendapatkan username dan password untuk setiap siswa untuk dibagikan kepada masing-masing siswa.

    edmodo add students

  • Mengundang siswa melalui e-mail
    Selain memasukkan nama siswa peserta kelas secara manual, Kita juga bisa memasukkan siswa dengan mengundang melalui email masing-masing siswa. Untuk mengundang siswa ke kelas dengan email cukup klik cara lain untuk mengundang (other ways to add) dan pilih invite by email Link undangan akan terkirim pada e-mail masing-masing siswa.
    edmodo invite by email

  • Membagikan link kelas kepada siswa
    Kita juga bisa membagikan link kelas kepada siswa untuk bisa masuk ke kelas edmodo Kita. Dengan membagikan mengikuti link yang Kita bagikan, maka otomatis siswa akan masuk ke kelas Kita setelah log in ke edmodo mereka.
    edmodo join URL
    URL yang terdapat pada lingkaran merupakan url atau link untuk masuk kelas Kita, setiap orang atau siswa yang mengikuti atau meng klik url tersebut akan dapat masuk ke kelas Kita.
  • Membagikan kode kelas kepada siswa
    Cara lain adalah dengan membagikan kode kelas kepada para siswa. Dengan memasukkan kode kelas yang kita bagikan maka siswa akan bisa masuk ke kelas edmodo Kita.
    edmodo clsaa code
    Kode dalam lingkaran merupakan kode kelas Kita, siswa akan bisa masuk kelas Kita dengan memasukkan kode kelas yang Kita bagikan kepada mereka di kelas.

-Memberikan materi di kelas

Sedengkan untuk memberikan materi dikelas kita bisa memposting materi yang kita siapkan di kolom diskusi. Cara memberikan materi cukup mudah, kita cukup menuliskan materi atau mengunggahnya layaknya Kita memposting tulisan di media sosial facebook.
edmodo diskusi, materi kelas, dan lain-lain
Diskusi dan pemberian materi untuk kelas sangat mudah dilakukan, konsepnya seperti posting di media sosial. Siswa juga bisa berdiskusi langsung dengan memberikan komentar pada setiap postingan kita.

-Memberikan tugas

Selain memberikan materi, Kita juga dapat memberikan tugas atau assignment secara langsung kepada para siswa. Cara membuat tugas di kelas edmodo adalah dengan menekan tombol plus (+) dan pilih buat tugas (create assignment) kemudian isi detail tugas kemudian tekan assign, tentukan batas waktu pengumpulan tugas dan tekan assign.
edmodo assignment details
Kita bisa memberikan tugas yang sama untuk kelas yang berbeda sekaligus. Selain itu tugas yang sama juga bisa diberikan hanya untuk beberapa siswa saja dengan mengisi pada kolom assign to.
edmodo assign to

-Membuat kuis

Selain membuat tugas terstruktur, kita juga bisa membuat kuis yang dapat dikerjakan secara online oleh siswa kelas. Dengan menekan tombol plus (+) dan buat kuis (create quiz) dan lengkapi judul quis dan intruksi quis, tentukan juga batas lama pengerjaan kuis.
edmodo quiz details
Tambahkan pertanyaan kuis dan pilih tipe atau jenis pertanyaan untuk setip item kuis nya. jika sudah siap tekan assign untuk memberikan kuis di kelas. Tentukan tanggal pengerjaan kuis nya juga.
edmodo quiz question

-Berinteraksi atau berkomunikasi dengan peserta didik

Untuk berinteraksi dengan paserta didik atau siswa, Kita bisa melakukanya di kelas edmodo dengan memberikan komentar pada postingan diskusi. Atau secara personal melalui pesan kepada siswa yang dituju.

Edmodo untuk siswa

-Masuk kelas

Setelah login ke edmodo, untuk bergabung kedalam kelas edmodo yang ada, Kita sebagai siswa dapat melakukan beberapa hal antara lain, Masuk kelas dengan mengikuti tautan atau link yang diberikan oleh guru kelas. Selain itu, Kita juga bisa masuk kelas dengan memasukkan kode kelas yang diberikan oleh guru kelas.

-Mengumpulkan tugas

Tugas yang diberikan kan tertera diberanda edmodo Kita. Klik pada tugas untuk melihat instruksi yang diberikan. Buka tugas untuk mengerjakan tugas. Klik tombol buat (create) jika Kita ingin mengejakan secara langsung. Kita juga bisa melampirkan tugas yang telah kita buat dengan menekan tombol lampiran (attach) dan pilih dokument yang diiginkan. Setelah tugas terunggah selanjutnya klik Trun in assigment dan klik turn in. Tugas Kita sudah terkumpul. Jangan lupa perhatikan batas waktu pengerjaan tugas nya juga ya.

-Mengikuti Kuis

Untuk mengikuti kuis yang diberikan, langkahnya mirip dengan mengumpulkan tugas. Lihat daftar kuis yang diberikan di beranda edmodo Kita. Klik untuk melihat instruksi kuis kemudian klik take quiz. Kerjakan sesui dengan instruksi dan jenis pertanyaan. Perhatikan batas waktu pengerjaan agar tidak terlambat. Jika sudah terisi semua kita bisa submit jawan Kita.

Demikian tutorial edmodo untuk guru dan siswa yang redaksi klikkanan hadirkan untuk sobat klik. Semoga bermanfaat untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Terlabih saat ini dunia sedang digemparkan oleh virus covid 19 yang memaksa kita untuk bisa belajar tanpa berkerumun dengan banyak orang. Silahkan share tulisan ini agar lebih bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung, baca info lainya disini.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Edmodo untuk guru dan siswa."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel