6 Aplikasi online gratis pendukung kegiatan belajar

KlikKanan.info ||  Aplikasi online gratis pendukung kegiatan belajar. Belajar tidak mengenal usia, setiap orang harus belajar agar dapat mengikuti perkembangan dan perubahan zaman. Perkembangan dunia digital yang begitu cepat membuat banyak inovasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Demikian juga pada dunia pendidikan, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) membawa banyak perubahan pada kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Banyaknya media konvensional yang tergantikan oleh media belajar digital berbasis komputer adalah salah satu dampak kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan. TIK banyak memberikan manfaat pada dunia pendidikan, media belajar berbasis digital atau komputer merupakan salah satu pemanfaatan TIK dalam dunia pendidikan. 
aplikasi online untuk mendukung belajar Photo by Marvin Meyer on Unsplash
Saat ini banyak aplikasi online gratis yang mendukung kegiatan belajar. Aplikasi online yang ada dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar mulai dari penyimpanan dokumen atau referensi belajar hingga sebagai media komunikasi antara guru dan murid secara online. Tidak hanya itu, sebagian aplikasi pendukung kegiatan belajar juga mempunyai fitur yang memungkinkan guru untuk melakukan kuis atau ujian secara online. Redaksi klikkanan akan memaparkan beberapa contoh aplikasi online yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar. Dengan memanfaatkan aplikasi online gratis ini diharapkan dapat mempermudah penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Apa saja aplikasi online gratis yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar? 

1. Aplikasi untuk pengolah dan penyimpanan dokumen.

Untuk memudahkan akses pada dokumen belajar yang Kita miliki, kita bisa memanfaatkan media penyimpanan berbasis online atau cloud. Dengan memanfaatkan media penyimpanan berbasis cloud maka kita bisa dengan mudah mengakses dokumen belajar kita tanpa harus menggunakan pc laptop Kita sendiri. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk media penyimpanan dokumen belajar, antara lain adalah sebagai berikut;

- Google drive

Aplikasi buatan google ini bermanfaat untuk media penyimpanan dokumen atau referensi belajar. Aplikasi ini dapat diakses secara gratis di drive.google.com ,namun hanya terbatas 15GB penyimpanan, jika ingin lebih kita bisa membelinya melalui layanan google. 

Manfaat dari penggunaan aplikasi ini antara lain; dokumen kita akan tersimpan di cloud sehingga kita bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja asalkan ada koneksi internet dan kita dapat masuk ke google drive Kita. Untuk mendaftar atau memulai menyimpan dengan google drive kita bisa login menggunakan akun atau email google kita (gmail). Selain dapat menyimpan dokumen belajar, kita juga bisa membagikan dokumen yang kita simpan kepada orang lain yang kita kehendaki, sehingga dengan memanfaatkan aplikasi ini proses belajar bisa lebih efektif karena tidak harus bertatap muka untuk berbagi dokumen atau materi.

- Google document

Selain google drive yang bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan dokumen, google juga menyediakan aplikasi online yang dapat kita gunakan untuk mengolah dokumen secara online. Kita bisa memanfaatkan Google document untuk mengolah dokumen kita secara online, kita bisa mengakses google document melaluai docs.google.com.

Dengan google dokumen, kita bisa mengolah atau membuat dokumen berupa text seperti pada Ms.Word, Kita juga bisa mengolah dokumen angka seperti Ms. Excel, Kita juga bisa membuat dokumen presentasi seperti Ms. PowerPoint. Selain ketiga fitur itu, dalam google document kita juga bisa membuat formulir online, ini biasanya digunakan untuk kebutuhan survey atau pedaftaran online.

Keunggulan lain dari google document adalah, kita bisa membagikan dokumen kepada siapaun yang kita inginkan untuk bisa mengolah dokumen secara bersama-sama secara online dan real time, ini sangat berguna ketika kita mengerakan tugas secara berkelompok sehingga kita tidak perlu berkumpul untuk mengerjakan tugas kelompok.

2. Aplikasi Kelas belajar

Selain aplikasi untuk penyimpanan dokumen belajar, ada juga aplikasi untuk media belajar dan diskusi seperti di kelas. Ada banyak aplikasi dapat Kita manfaatkan sebagai media diskusi seperti di kelas, aplikasi online yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung diskusi belajar antara lain adalah sebagai berikut;

- Edmodo

Aplikasi Edmodo mungkin belum populer di Indonesia, namun aplikasi in sangat populer di Amerika. Edmodo merupakan salah satu media online yang bermanfaat untuk memudahkan guru dan murid serta orang tua murid dalam berkomunikasi terutama dalam hal kegiatan belajar. melalui aplikasi edmodo ini, guru dapat membagikan materi pelajaran berupa teks, gambar, maupun video. Guru juga dapat memberikan tugas dan tes secaran online melalui aplikasi ini. Karena edmodo merupakan aplikasi berbasis internet, maka penggunanya dapat mengakses dari mana saja tanpa harus bertemu di kelas. Selain dapat diakses langsung melalui websit di edmodo.com, aplikasi ini juga dapat diinstal di smartphone android kita. Tutorial edmodo untuk siswa dan guru bisa diakses disini

- Google classroom

Untuk mendukung pembelajaran, google juga menyediakan aplikasi berbasis online yang bernama google calss room, kita dapat mengaksesnya di classroom.google.com, selain itu Kita juga dapat menginstall nya di smart phone andorid Kita. Tidak jauh beda dengan aplikasi sebelumnya (edmodo) aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk media diskusi, pemberian tugas, dan berbgai materi kelas.

3. Aplikasi belajar mandiri

Untuk belajar mandiri, kita bisa juga memanfaatkan aplikasi online yang ada. Banyak aplikasi online yang mendunkung belajar mandiri, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Aplikasi online gratis yang dapat Kita manfaatkan untuk belajar mandiri antara lain;

- Kahoot

Aplikasi untuk belajar mandiri salah satunya adalah Kahoot yang bisa diakses di kahoot.com atau install aplikasinya di smart phone android. Konsep dari aplikasi ini adalah kuis yang dikonsep mirip dengan game. Kita bisa memanfaatkan langsung di kelas sebagai media belajar yang menarik peserta didik karena seperti game online.

- Duolingo

Aplikasi ini khusus untuk belajar bahasa inggris, kita bisa mengaksesnya www.duolingo.com dan juga bisa kita install di smartphone android Kita. Duolingo punya pilihan level untuk bisa kita mainkan sebagai media belajar bahasa inggris. Kita juga bisa menentukan target belajar harian kita sehingga dapat dengan mudah meningkatkan kemampuan bahasa inggris Kita.

Demikian 6 aplikasi online yang dapat Kita manfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar. Terimakasih sudah membaca artikel Kami, semoga bermanfaat. Anda bisa membagikan artikel ini dengan menekan tombol media sosial dibawah.

Belum ada Komentar untuk "6 Aplikasi online gratis pendukung kegiatan belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel